An Case Study on the Application of Flashcard Play Therapy Method to Improve Speech Ability in Two Children with Speech Delay Disorders

Studi Kasus Penerapan Terapi Bermain Metode Flashcard terhadap Peningkatan Kemampuan Bicara pada Dua Anak dengan Gangguan Speech Delay.

Penulis

  • Erina Gayatri Poltekkes Palangka Raya
  • Baharuddin Yusuf Poltekkes Kemenkes Palangka Raya
  • Widya Warastuti Poltekkes Kemenkes Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52263/jfk.v15i2.319

Kata Kunci:

keterlambatan bicara, terapi bermain, flashcard, anak usia dini, interaksi sosial.

Abstrak

Keterlambatan bicara (speech delay) pada anak usia dini dapat berdampak pada perkembangan sosial, emosional, dan akademik anak. Intervensi dini sangat penting untuk mencegah dampak jangka panjang tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah terapi bermain menggunakan media flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi bermain dengan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan bicara pada anak dengan speech delay. Metode yang digunakan adalah studi kasus terhadap dua orang anak dengan gangguan keterlambatan bicara yang dilakukan di UPTD Puskesmas Menteng Palangka Raya. Intervensi dilakukan melalui lima sesi terapi bermain menggunakan flashcard selama satu bulan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil terapi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bicara, jumlah kosakata, kemampuan menunjuk dan menyebut gambar, serta peningkatan kontak mata dan respons verbal pada kedua pasien. Namun, pada pasien pertama, peningkatan tersebut tidak dapat dikaitkan sepenuhnya dengan terapi flashcard karena pasien juga menjalani terapi lain di rumah sakit yang metodenya tidak diketahui secara rinci. Terapi flashcard terbukti efektif sebagai stimulus untuk meningkatkan kemampuan bicara anak dengan speech delay.

Kata Kunci: keterlambatan bicara, terapi bermain, flashcard, anak usia dini, interaksi sosial.

 

Referensi

Abugharsa, J. (2024a). Speech Delay in Children : Causes , Impacts , and Interventions. November.

Abugharsa, J. (2024b). Speech Delay in Children : Causes , Impacts , and Interventions. December.

Artamia, C. D., & Syamsiyati, R. N. (2023). Studi Kasus Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia Dini Di Paud Anak Hebat Kartasura.

Ardiansyah, M. (2024). Pola Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini dengan Keterlambatan Bicara (Speech Delay). Jurnal PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), halaman 45–56.

American Speech-Language-Hearing Association (ASHA). (2021). Speech and Language Developmental Milestones.

Association for Play Therapy. (2023). About play therapy.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (2023). Developmental Milestones.

Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69.

Fernanda, D. L., Lailin, N., & Ifadah, A. S. (2024). Studi Kasus Speech Delay Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 40 PPS. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 6(2), 76.

Heryanti, A. P., Yahman, F. A., Hermawati, Z. P., Putri, R. D. (2024). Perkembangan Bahasa dan Kemampuan Sosial pada Anak Speech Delay. Jurnal Flourishing. 4(11), 530-538.

Herpiyana, I., Hasanah, N. I., & Rusdiah. (2022). Interaksi Sosial Anak Yang Memiliki Speech Delay. Jurnal Smart Paud, 140-148.

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool, 2(2), 206–216.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Kurikulum dan Modul Pendukung : Pedoman Penanganan Kasus Rujukan Kelainan Tumbuh Kembang Balita. In Kemenkes RI. https://eprints.triatmamulya.ac.id/1407/1/79. Kurikulum dan Modul Pendukung Pedoman Penanganan Kasus Rujukan Kelainan Tumbuh Kembang Balita 2014.pdf

Mahmudianati, N., Ariani, M., & Hestiyana, N. (2023). Kejadian Speech Delay Pada Balita Dengan Kecemasan Orang Tua Pada Anak Speech Delay Di RSUD Ulin Banjarmasin. Journal of Health (JoH), 10(1), 019–029. https://doi.org/10.30590/joh.v10n1.537

Mayo Clinic. (2022). Speech delay in children: A guide for parents.

Mayasar, A. M., & Puspitasari, A. I. (2025). Strategi Terapis Wicara Yang Dapat Diterapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay). Health Student Journal, 1018-1033.

Ningsi, S. P., Putri, S. A., Yuliani, A., Farhani, R., Rabbani, M., & Siregar, M. (2023). Persepsi Orangtua Terhadap Keterlambatan Bicara (speech delay) Anak Usia Dini Pada Usia 3-6 Tahun. Journal Paud Emas, 21-30.

BIBLIOGRAPHY PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia: Definisi dan Diagnosa Keperawatan, Edisi 1. Jakarta: DPP PPNI

PPNI. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan Keperawatan, Edisi 1. Jakarta: DPP PPNI.

PPNI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Luaran Keperawatan, Edisi 1. Jakarta: DPP PPNI

Polopadang, V., & Hidayah, N. (2019). Proses Keperawatan Pendekatan Teori dan Praktik. Gowa: Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia Cerdas.

Puspitasari, V. I., & Leny. (2022). Science Project sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Bicara pada Speech Delay Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 17-24.

Rahmah, F., Kotrunnada, S. A., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Penanganan Speech Delay pada Anak Usia Dini melalui Terapi Wicara. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99–110. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8279

Ramadani, A. N., & Nurfaizah. (2023). Strategi Penanganan Gangguan Speech Delay Terhadap Interaksi Sosial. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 31-44.

Rista Angraeni. (2024). Faktor dan Cara Mengatasi Speech Delay terhadap Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 773–779. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3363

Taseman, Safaruddin, Erfansyah, N.F., Purwani, W.A., Femenia, F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13–26.

Sajawandi, L., Kurniati, Y., Muslim, A. H., & Huda, T. N. (2023). The Use of Flash Cards Media in Reducing Speech Delay Symptoms in Children (A Case Study in BA Aisyiyah Prembun, Tambak District, Banyumas Regency). Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 38–44. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.880

Savitri, N. S., Primatanti, P. A., & Kusumadewi Riandra, N. I. (2024). Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Speech Delay Pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3304-3317.

Diterbitkan

2025-09-10

Cara Mengutip

Gayatri, E., Baharuddin Yusuf, & Widya Warastuti. (2025). An Case Study on the Application of Flashcard Play Therapy Method to Improve Speech Ability in Two Children with Speech Delay Disorders: Studi Kasus Penerapan Terapi Bermain Metode Flashcard terhadap Peningkatan Kemampuan Bicara pada Dua Anak dengan Gangguan Speech Delay. Jurnal Forum Kesehatan : Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 15(2), 76–80. https://doi.org/10.52263/jfk.v15i2.319

Terbitan

Bagian

Articles