Manfaat Edukasi Pentingnya Zat Gizi Kepada Calon Ibu Hamil
DOI:
https://doi.org/10.52263/jfk.v12i1.243Kata Kunci:
zat gizi, edukasi, calon ibu hamilAbstrak
Abstrak – Gizi merupakan faktor utama dalam penentuan nilai kesehatan ibu hamil. Nutrisi pada ibu hamil dipengaruhi oleh pengetahuan, semakin tinggi pengetahuan calon ibu hamil maka semakin rendah resiko ibu hamil yang terkena gangguan selama kehamilan. Kesehatan gizi ibu sebelum dan selama kehamilan mempengaruhi status kesehatan dirinya dan janin yang sedang berkembang. Kehamilan merupakan kondisi penting untuk meningkatkan pengetahuan gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pentingnya edukasi gizi bagi calon ibu hamil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research). Hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa calon ibu hamil yang mendapatkan edukasi seperti kelas ibu hamil, kegiatan posyandu, kegiatan yang berisi tentang edukasi gizi serta pencegahan stunting sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik dan sikap yang postif. Terdapat hubungan yang bermakna antara pemberian edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang pentingnya zat gizi semasa kehamilan nanti.
Referensi
Ayu, N. 2019. Kebutuhan Gizi Pada Ibu Hamil Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu. DOI:10.31227/osf.io/amsn7
Determinan dan Pengaruh Stunting terhadap Prestasi Belajar Anak Sekolah di Kupang dan Sumba Timur NTT. Jurnal Gizi dan Pangan, 8(1), 55-62.
Ekayanthi, dkk. 2019. Edukasi Gizi pada Ibu Hamil Mencegah Stunting pada Kelas Ibu Hamil. Jurnal kesehatan. 10(3): 312-319.
Fallah, Farnous., et.al. 2013. Effects of Nutrition Education on Levels of Nutritional Awareness of Pregnant Women in Western Iran. International Journal of Endocrinology and Metabolism.11(3):175-178
http://www.unicef.or.id. Diunduh tanggal 10 Desember 2022
ibu dan anak. Retrieved from
Kemenkes RI. 2022. Gizi Seimbang Ibu Hamil. (Online),https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/405/gizi-seimbang-ibu-hamil diakses 10 Desember 2022.
Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613
Miftahillah. 2016. Urgensi Pendidikan Pranatal bagi Ibu Hamil. SELING: Jurnal Program Studi PGRA.2(2):150-169.
Picauly, I dan Toy SM. 2013. Analisis
Poboeilk R, Heath Cote G, Spiers J, Otto C. 2004. Nutritional and anthropometric assessment of a sample of pregnant women and young children in Palau. Asia Pacific J Clin Nutr.9(2):102-14.
Puspitaningrum, E. M., Kebidanan, A., Mitra, J., & Jambi, S. 2017. Hubungan Pengetahuan Dengan Status Gizi Ibu Hamil. 1(1), 44–49.
Rahmah, Q.J., dkk. 2022. The Importance of Nutritional Food Education for Pregnant Women. JISE: Journal of Islamic studies and education. 1(1): 29-36.
Unicef Indonesia. (2012). Ringkasan kajian gizi
Widayanto, M.T.,dkk. 2019. Edukasi Kesehatan Bagi Ibu Dan Calon Ibu Sebagai Upaya Pencegahan Masalah Stunting Di Desa Jatiadi Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga. 1(1):11-15.
Zaitun, J., & Gorontalo, U. M. 2017. Pengaruh pengetahuan ibu hamil terhadap kejadian kekurangan energi kronik di wilayah kerja puskesmas batudaa pantai.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
Naskah yang dikirim penulis ke Jurnal Forum Kesehatan bila diterima dan layak terbit maka hak cipta harus diberikan kepada Jurnal Forum Kesehatan selaku penerbit jurnal.
Copyright meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel di semua bentuk dan media, termasuk cetak, foto, mikro film dan setiap reproduksi lain yang sejenis serta terjemahan. Reproduksi setiap bagian dari jurnal ini, penyimpanan dalam data base dan transmisi oleh media, seperti elektronik, elektrostatik dan mekanik salinan, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari Jurnal Forum Kesehatan
Jurnal Forum Kesehatan menjamin para editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data yang salah atau menyesatkan, pendapat atau pernyataan dipublikasikan dalam jurnal.