Peran Perawat Sebagai Edukator Kepada Pasien Rumah Sakit X
DOI:
https://doi.org/10.52263/jfk.v11i1.222Kata Kunci:
Perawat Edukator, Pasien, Rumah SakitAbstrak
Abstrak – Hasil observasi di rumah sakit X daerah jawa Tengah diketahui bahwa pasien yang ada tidak sedikit yang mengalami putus asa sehingga proses penyembuhan menjadi lebih sulit dan lama karena persepsi pasien yang negatif. Untuk mengatasi hal ini tentu membutuhkan kinerja komponen dari kesehatan rumah sakit termasuk perawat untuk membantu memulihkan pasien melalui pemikiran positifnya. Untuk itu penelitian ini ingin mengkaji mengenai peran perawat sebagai edukator kepada pasien Rumah Sakit X. Tujuannya ialah untuk mengetahui peran yang diberikan oleh perawat edukatir kepada pasien di Rumah Sakit X Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dengan 50 responden yang dipilih secara purposive sampling dan random sampling. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dokumentasi, dan pembagian angket kepada para responden. Setelah data diperoleh akan dilakukan analisis yang mendalam sehingga diketahui bahwa perawat edukator memberikan peran yang cukup positif senilai 55% dalam membantu pasien untuk memiliki pemikiran yang psoitif sehingga waktu pemulihan dan pengobatan menjadi lebih efektif dan efisien. Kendati demikian, juga diketahui bahwasanya perawat edukator belum merasa maksimal dalam melalukan kinerjanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya personil dalam tim, pelatihan yang belum berkelanjutan dan lain sebgaianya yang mengakibatkan keterampilannya belum berkembang secara pesat.
Referensi
Astari, Dewanti Widya, Afni Noviantani, Tuti Herawati dan Iqbal Pramukti. 2022. Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Pengetahuan Dan Kesadaran Pada Pasien Diabetic Retinopathy. Jurnal Keperawatan 14(1), 71-78.
Badar, Muhammad dan Hajrah. 2022. Manajemen Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Jurnal Kaizen 1(1), 1-8.
Eirwntinus, Lalu. 2019. Peran Dan Wewenang Perawat Dalam Menjalankan Tugasnya Berdasarkan Undang- Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Jurnal Ilmu Hukum 10(2), 148-164.
Manopo, Erick Johnas, Gresty M Masi dan Wico Silolonga. 2018. Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Penatalaksanaan Hipertensi Di Puskesmas Tahuna Timur. e-journal Keperawatan 6(1), 1-7.
Mustika, Dewi dan Kurnia Sari. 2019. Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018. Jurnal Arsi 5(3), 147-152.
Rangga, Fransiska Denata, Sandra Vasquien, Martina Pakpahan, dan Martha Octaria. 2020. Persepsi Perawat Sebagai Edukator Berhubungan Dengan Implementasi Discharge Planning. Jurnal Kesehatan Holistic 4(2), 30-43.
Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.
Setiyawati, Yuyun, Rr. Tutik Sri Hariyati, dan Siti Anisah. 2022. Optimalisasi Pemberian Edukasi Pada Pasien Dan Keluarga Melalui Terbentuknya Tim Perawat Edukator Di Rumah Sakit: A Pilot Study. Journal of Telenursing 4(1), 297-310.
Sulistyoningsih, Triyas, Sri Mudayatiningsih, dan Wahyu Dini Metrikayanto. 2018. Pengaruh Peran Perawat Sebagai Edukator Terhadap Kecemasan Keluarga Pasien Stroke Di Unit Stroke Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News 3(1), 439-447.
Susanti, Endang dan Nur Kholisoh, 2018. Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). Jurnal Lugas 2(1), 1-12.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Pemberitahuan Hak Cipta
Naskah yang dikirim penulis ke Jurnal Forum Kesehatan bila diterima dan layak terbit maka hak cipta harus diberikan kepada Jurnal Forum Kesehatan selaku penerbit jurnal.
Copyright meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel di semua bentuk dan media, termasuk cetak, foto, mikro film dan setiap reproduksi lain yang sejenis serta terjemahan. Reproduksi setiap bagian dari jurnal ini, penyimpanan dalam data base dan transmisi oleh media, seperti elektronik, elektrostatik dan mekanik salinan, fotokopi, rekaman, media magnetik, dll akan diizinkan hanya dengan izin tertulis dari Jurnal Forum Kesehatan
Jurnal Forum Kesehatan menjamin para editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data yang salah atau menyesatkan, pendapat atau pernyataan dipublikasikan dalam jurnal.