Peran Perawat Sebagai Edukator Kepada Pasien Rumah Sakit X

Penulis

  • Hanipah Hanipah Institute Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Aisyah Nurjanah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Nur Saebah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Rafi Farizki Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Hilyah Farhany Faradilla UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.52263/jfk.v11i1.222

Kata Kunci:

Perawat Edukator, Pasien, Rumah Sakit

Abstrak

Abstrak – Hasil observasi di rumah sakit X daerah jawa Tengah diketahui bahwa pasien yang ada tidak sedikit yang mengalami putus asa sehingga proses penyembuhan menjadi lebih sulit dan lama karena persepsi pasien yang negatif. Untuk mengatasi hal ini tentu membutuhkan kinerja komponen dari kesehatan rumah sakit termasuk perawat untuk membantu memulihkan pasien melalui pemikiran positifnya. Untuk itu penelitian ini ingin mengkaji mengenai peran perawat sebagai edukator kepada pasien Rumah Sakit X. Tujuannya ialah untuk mengetahui peran yang diberikan oleh perawat edukatir kepada pasien di Rumah Sakit X Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dengan 50 responden yang dipilih secara purposive sampling dan random sampling. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara  dokumentasi, dan pembagian angket kepada para responden. Setelah data diperoleh akan dilakukan analisis yang mendalam sehingga diketahui bahwa perawat edukator memberikan peran yang cukup positif senilai 55% dalam membantu pasien untuk memiliki pemikiran yang psoitif sehingga waktu pemulihan dan pengobatan menjadi lebih efektif dan efisien. Kendati demikian, juga diketahui bahwasanya perawat edukator belum merasa maksimal dalam melalukan kinerjanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya personil dalam tim, pelatihan yang belum berkelanjutan dan lain sebgaianya yang mengakibatkan keterampilannya belum berkembang secara pesat.

Referensi

Angriani, Mita, Susi Widiawati, dan Rian Maylina Sari. 2022. Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Pencegahan Covid-19 Di Puskesmas Rawasari Kota Jambi. Indonesian Journal of Health Community 3(1), 1-5.
Astari, Dewanti Widya, Afni Noviantani, Tuti Herawati dan Iqbal Pramukti. 2022. Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Pengetahuan Dan Kesadaran Pada Pasien Diabetic Retinopathy. Jurnal Keperawatan 14(1), 71-78.
Badar, Muhammad dan Hajrah. 2022. Manajemen Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Jurnal Kaizen 1(1), 1-8.
Eirwntinus, Lalu. 2019. Peran Dan Wewenang Perawat Dalam Menjalankan Tugasnya Berdasarkan Undang- Undang Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Jurnal Ilmu Hukum 10(2), 148-164.
Manopo, Erick Johnas, Gresty M Masi dan Wico Silolonga. 2018. Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Penatalaksanaan Hipertensi Di Puskesmas Tahuna Timur. e-journal Keperawatan 6(1), 1-7.
Mustika, Dewi dan Kurnia Sari. 2019. Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018. Jurnal Arsi 5(3), 147-152.
Rangga, Fransiska Denata, Sandra Vasquien, Martina Pakpahan, dan Martha Octaria. 2020. Persepsi Perawat Sebagai Edukator Berhubungan Dengan Implementasi Discharge Planning. Jurnal Kesehatan Holistic 4(2), 30-43.
Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana.
Setiyawati, Yuyun, Rr. Tutik Sri Hariyati, dan Siti Anisah. 2022. Optimalisasi Pemberian Edukasi Pada Pasien Dan Keluarga Melalui Terbentuknya Tim Perawat Edukator Di Rumah Sakit: A Pilot Study. Journal of Telenursing 4(1), 297-310.
Sulistyoningsih, Triyas, Sri Mudayatiningsih, dan Wahyu Dini Metrikayanto. 2018. Pengaruh Peran Perawat Sebagai Edukator Terhadap Kecemasan Keluarga Pasien Stroke Di Unit Stroke Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News 3(1), 439-447.
Susanti, Endang dan Nur Kholisoh, 2018. Konstruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). Jurnal Lugas 2(1), 1-12.

Diterbitkan

2022-12-14

Cara Mengutip

Hanipah, H., Nurjanah, A., Saebah, N., Farizki, R., & Faradilla, H. F. (2022). Peran Perawat Sebagai Edukator Kepada Pasien Rumah Sakit X. Jurnal Forum Kesehatan : Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 11(1), 15–19. https://doi.org/10.52263/jfk.v11i1.222

Terbitan

Bagian

Articles